LDR Tanjungbalai Bahas Narkoba dan Pergaulan Bebas di Konco Cafe


Dakwahsumut.com,Tanjungbalai(26/9),- Lembaga Dakwah Remaja(LDR)  Tanjungbalai kembali mengadakan Talkshow Inspiratif dan Buka Puasa Bersama di Konco Cafe  dengan tema "Remaja Cerdas Anti Narkoba dan Pergaulan Bebas" pada kamis (26/9).

Hadir dalam kesempatan tersebut sebagai Pembicara Kepala BNN Tanjungbalai yang diwakili Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Hamzah, S.Sos.I  dan Ketua Majelis Dakwah Islam(MDI)  Tanjungbalai Ustadz Muhammad Ali Rukun ST,SpdI.

Hamzah dalam kesempatan tersebut menjelaskan akar permasalah maraknya Narkoba terutama di kalangan remaja. "Penyebab maraknya narkoba kususnya dikalangan remaja adalah karena faktor  coba-coba, pergaulan bebas, broken home dan faktor ekonomi" , ungkap alumni UINSU tersebut.  Menurut beliau hampir 70 % pelajar  pernah menggunakan Narkoba yang lebih menyedihkan bahkan mereka berasal dari pelajar SMP , ungkap beliau.

Sementara ustadz Muhammad Ali Rukun dalam penjelasannya mengatakan Narkoba iti hukumnya Haram karena termasuk zat yang memabukkan. Menurut beliau maraknya Narkoba saat ini karena kurangnya ketaqwaan Individu, faktor lingkungan dan kurangnya perhatian pemerintah terutama dalam penegakan hukum.

Menurut ustadz Ali solusi dari segala persoalan umat termasuk Narkoba adalah kembali pada Islam dengan menegakkan Syariat Islam seperti memberikan hukum cambuk bagi pemakai dan bagi pengedar dan bandar bisa sampai dengan hukuman mati, ungkap beliau.

Selain masalah Narkoba ust Ali juga menyoroti maraknya pergaulam bebas dikalangan remaja sebagaimana baru-baru ini adanya video tidak senonoh beredar di salah satu tempat karaoke yang sudah viral hingga ke kalangan pelajar. Menurut beliau maraknya pergaulan bebas juga tidak lepas dari hukum yang ditegakkan di negeri ini , beliau menyayangkan adanya pasal kontroversi di RUU KUHP seperti adanya pasal yang memperkosa istri yang sah dihukum 12 tahun penjara sementara yang melakukan hubungan diluar penihakan hanya dihukum 6 bulan dipenjara, ungkap beliau.

Kegiatan yang dibawa moderator Muhammad Harwan MPd tersebut berjalan lancar dan sukses hingga selesai yang  diselingi dengan tanya jawab dari peserta talkshow. Selain melakukan talkshow mereka juga mengadakan buka puasa bersama yang disediakan oleh pihak konco cafe secara Gratis.()ar