Peringatan Isra' Mi'raj Gen Z: It Is Time To Be One Ummah

 


Dakwahsumut.com, Tanjungbalai ( 24/2),- Dalam rangkah memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw. 1445 H Lembaga Dakwah Remaja(LDR) Kota Tanjungbalai laksanakan Kegiatan Rajab Spesial Momen(RSM) yang menghadirkan kalangan Generasi Z dengan tema " It Is Time To Be One Ummah"

RSM tersebut menghadirkan dua pembicara Ustadz Muhammad Ali Rukun (Ketua MDI Tanjungbalai) dan ustadz Chairul Marpaung ( Ketua LDR Tanjungbalai).



Acara RSM tersebut diawali dengan pembacaan Ayat suci Al Qur'an oleh Siswa Sekolah Anak Tangguh Al Mustanir Umar Imam el Muttaqin dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari ustadz Riandi.



Ustadz Ali dalam paparannya menjelaskan seputar problematika remaja dan hikmah Isra' Mi'raj. " Saat ini Gen Z kita mengalamai berbagai problematika mulai dari Narkoba, Tawuran , pergaulan bebas dan penipuan/lodes maka kitalah yang diharapkan menjadi agen perubahan, siap menjadi agen of change?", tanya beliau.


Ustadz Chairul menambahkan hikmah peristiwa  Isra' Mi'raj yang hanya bisa diterima orang yg beriman dimana saat itu banyak orang yang tidak menerima kebenaran Isra' Mi'raj bahkan sampai murtad dari Isam.



Gen- Z yang terdiri dari berbagai pelajar, mahasiswa dan pemuda Tanjungbalai tersebut tampak antusias mengikuti acara tersebut. Pada sesi Diskusi peserta menanyakan bagaiman sikap umat Islam terhadap ulama yang saat ini yang tidak bisa jadi panutan seperti diamnya ulama  terhadap maraknya suap atau serangan fajar  jelang pemilu bahkan menjadi pendukung calon yang dianggap menyalahi kriteria pepimpin dalam Islam.

" Ulama itu ada dua yakni Ulama pewaris nabi dengan ciri takut kepada Allah dan tidak dekat dengan penguasa , yang kedua Ulama Suu' yaitu bahasa kasarnya Ulama Penjilat atau yg sering mendatangi penguasa untuk kepentingan dunia. Bukan tidak boleh mendatangi penguasa , jika Ulama mendatangi penguasa maka dilakukannya adalah menasehatinya karena Nabi mengatakan Jihad yang paling utama adalah menyampaikan kebenaran di depan penguasa yang zhalim", jawab ustadz Ali.

Senada dengan itu Ustadz Chairul juga mengatakan " Dulu para ulama itu tidak dekat dengan penguasa seperti Imam Hambali yang disiksa Penguasa karena tidak mau mengakui Al Qur'an sabagai makhluk, begitu juga dengan Imam Syafii pernah dihukum penguasa", ungkap beliau.

Para pembicara menyimpulkan solusi dari berbagai problematika umat saat ini termasuk krisis Palestina yang ditanyakan peserta  adalah kembali pada Islam termasuk jihad  dan penegakan Khilafah dan itu akan terwujud dengan dengan bersatunya umat sesuai tema acara it is time to be one ummah.

Event RSM yang dibawakan Muhammad Ridho tersebut berjalan sukses yang diakhiri dengan do'a dan photo bersama. Para peserta berkomitmen untuk melakukan perubahan atau bermetamorfosa.[]ar