UAR : Ramadhan Momentum Perubahan

 



Dakwahsumut.com,Tanjungbalai,- Ketua Majelis Dakwah Islam Kota Tanjungbalai Ustadz Ali Rukun(UAR) dalam ceramahnya  mengatakan  bahwa Ramadhan adalah bulan yang bisa dijadikan sebagai momentum perubahan.

“Di bulan Ramadhan ini bulan yang penuh dengan ampunan, bulan yang  penuh dengan  Rahmat mari sama-sama kita jadikan sebagai momentum untuk  perubahan , untuk apa bu? Untuk perubahan  mulai dari   merubah diri  kita, keluarga kita, masyarakat kita bahkan negara kita harus kita rubah mulai dari kebiasaan-kebiasaan buruknya, aturanya , kemudian hukumnya bahkan sistem yang  di negeri ini  kita kembalikan kepada sistem Islam, itulah satu-atunya solusi dari problematika umat”, ungkap beliau.

Ceramah agama tersebut UAR  sampaikan dalam kegiatan Safari Ramadhan 1444 H yang dilaksanakan Majelis Dakwah Islam Koata Tanjungbalai  di Masjid Ikhwanul Jam’iah Tinjowan Kabupaten Simalungun Sumatera Utara , Kamis (30/03/2023).

Selain itu, UAR juga mengingatkan jamaah agar tidak bersantai-santai di bulan Ramadhan  karena Ramadhan adalah bulan perjuangan sebagaimana dahulu Rasulullah berjuang bahkan berjihad di jalan Allah seperti melakukan Perang Badar  dimana jumlah kaum muslimin hanya 313  berhasil melawan seribuan kaum afir Quraisy.

UAR Mengajak kaum muslimin untuk menjalankan Islam secara Kaffah (menyeluruh) agar supaya  Allah menurunkan keberkahan dari langit dan bumi.Kemudian UAR juga mengajak para jamaah untuk menutup auratnya dan  beliau menjelaskan perbedaan antara kerudung dengan Jilbab sambil mengutip ayat Al-Qur’an surat  An-Nur ayat 31 dan Al Ahzab ayat 59.

Diakhir ceramahnya UAR menyerukan jamaah untu mencari malam lailatul qadar malam yang penuh dengan kemuliaan . “ Nanti bu di akhir bulan ini ada malam lailatul qadar, bukan malam lailatul bakar, disepuluh terakhir Ramaadahan  ini adalah kesempatan kita untuk mencari malam lailatul qadar”, ungkap beliau sambil mengutip surat Al-Qadr.

Safari Ramadhan yang dipandu Muhammad Ridhho tersebut berjalan dengan lancar dan para jamaah tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai. Sekretaris MDI Tanjungbalai ustadz Riandi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BKM yang memberi izin dalam pelaksanaan safari ramadahan tersebut. Acara tersebut ditutup dengan doa oleh UAR dan penyerahan cendramata dari MDI Tanjungbalai kepada BKM Ikhwanul Jam’iah.[] ar