MDI Gelar NGOPI di Kebun Anggur Membangun Peradaban Islam

 


Dakwahsumut.com,  Tanjungbalai(18/2),- Majelis Dakwah Islam (MDI) Kota Tanjungbalai menggelar acara Ngobrol Perkara Islam (NGOPI) di Kebun Anggur Jl.HM.Nur  Tanjungbalai. Acara Ngopi tersebut mengambil tema "Membangun Peradaban Islam" dengan menghadirkan dua nara sumber yakni Ustadz Alfi Syahri (Founder ALMAQU) dan Ustadz Muhammad Ali Rukun (Ketua MDI Tanjungbalai). 

Acara Ngopi tersebut diawali dengan pemutaran filem dokumenter seputar sejarah Islam yang menjelaskan tentang Jejak Khilafah di Nusantara.Setelah pemutaran filem dokumenter dilaksanakan diskusi yang dibawakan oleh ustadz Darma sebagai moderator. 


 

Ustadz Alfi dalam paparannya menjelaskan seputar sejarah peradaban Islam yang penuh dengan kejayaan  " Yang saya ketahui tentang sejarah peradaban Islam, Pemimpin yang pantas diajungkan jempol adalah Muhammad Saw dan itu diakui oleh Michel H.Hart dalam buku 100 tokoh dunia menempatkan Muhammad saw sebabai nomor 1, dizaman Sultan Harun Al Rasyid kota Baghdad itu merupakan kota perekonomian terbaik di dunia , kenapa bisa  seperti itu karna norma-norma Islam disami'na watho'na/ditaati", ungkap beliau.

Begitu juga dengan Ustadz Ali beliau menjelaskan Sejarah peradaban baik sebelum datangnya Islam dan ketika Islam berkuasa. " Sebelum datangnya Islam potret kehidupan sangat menyedihkan, namun ketika Islam hadir maka memberikan angin segar bagi masyarakat terbentuklah peradaban Islam yang sangat luar biasa dari segala aspek kehidupan. Dulu pada masa umar bin abdul azis mencari orang miskin susah karena sudah tidak ada lagi orang yang mau menerima zakat, dasi sisi hukum juga bisa kita lihat keadilannya seperti Ali Bin Abi Thalib ketika baju besinya dicuri namun tidak bisa membuktikannya maka hakim memenangkan yang terdutuh dari kaum yahudi hingga orang yahudi itu masuk Islam karena keadilan hukum Islam tidak seperti hukum yang ada saat ini ", ungkap beliau. 


 

Setelah nara sumber menjelaskan seputar peradaban Islam kemudian para peserta diberi kesempatan kepada memberikan tanggapan, ide dan komentar seputar tema yang dibahas. Para  peserta nampak antusias mengikuti acara tersebut hingga selesai.

Tidak tersasa hampir larut malam acara Ngopi tersebut berlansung hangat. Diakhir acara panitia memberikan cendra mata kepada dua narasumber dan acara yang dibawakan  MC ust Chairul ditutup dengan doa dan photo bersama []ar