Diskusi Tokoh dan Ulama:Peran Tokoh dan Ulama Dalam Membangkitkan Umat

 


Binjai, 22 Mei 2022, Kajian Islam Kaffah Kota Binjai mengadakan acara Diskusi Tokoh dan Ulama yang bertempat di FZ Cafe Binjai pada pkl. 09.30 WIB. Acara yang bertema "Peran Tokoh dan Ulama Dalam Membangkitkan Umat" ini dihadiri oleh Tokoh dan Ulama dari berbagai penjuru Kota Binjai.


Acara dipandu oleh MC Riki Handoko dan dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Ustadz Irwan. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia Kajian Islam Kaffah Kota Binjai yaitu Ustadz Julianda Al-Hafidz. Beliau menyampaikan bahwa acara ini dibuat karena prihatin melihat kondisi umat Muslim, dimana kerusakan dan keterpurukan sudah cukup lama menimpa kita. Maka dalam hal ini Komunitas Kajian Islam Kaffah merasa tergerak untuk membahas dan berdiskusi mengenai apa penyebab keterpurukan umat Muslim yang terjadi sampai hari ini. Dan Ustadz Julianda juga berharap dalam diskusi ini menghasilkan solusi apa yang harus kita lakukan untuk mengubah nasib Umat Muslim.


Dilanjutkan oleh pembicara yaitu Ustadz Kusnady Ar-Razi dimana beliau menyampaikan Ulama adalah pewaris para nabi, maksudnya bukan mewariskan kenabian tetapi mewariskan Ilmu yang diturunkan dari para Nabi. Kemunduran umat Islam saat ini disebabkan oleh pemikiran. Salah satunya adalah Sekulerisasi. Sekulerisasi menyebabkan umat Islam terutama Ulama pada saat ini terpuruk, baik dalam pemikirian maupun perbuatan. Sekulerisasi menyebabkan pemisahan nilai-nilai kehidupan dari nilai Agama. Dimana setiap kejadian, perbuatan atau apapun itu jangan dipandang dari sisi agama, harus dipandang dari sisi Akal saja. Sekulerisasi juga memberikan dampak Agama tidak boleh masuk ke dalam ranah politik. Padahal Imam Al-Ghazali sudah menyampaikan bahwa Agama dan kekuasaan itu adalah ibarat dua saudara kembar, yang artinya tidak bisa dipisahkan. Harusnya kekuasaan itulah yang menjaga agama, dan Agama seharusnya dijadikan asas dalam berfikir.


Tidak hanya pembicara, salah seorang penanya yaitu Ustadz Andi Matondang dari BKM Al-Huda Percukaian Kota Binjai menyampaikan permasalahan pada saat ini adalah orang munafik yang semakin banyak, kemudian pola dakwah dari banyak ulama berbeda-beda dan tidak satu arah tujuan untuk kebangkitan Islam, banyak ulama-ulama eksklusif dan kondang saat ini pada saat berdakwah menyampaikan sesuai dengan keinginan penguasa. Seharusnya Ulama tersebut menyampaikan apa yang ingin di dengar oleh masyarakat.


Umat Islam adalah umat yang terbaik, sebagaimana yang telah tertulis di dalam Al-Qur'an. Ada 2 syarat agar umat muslim menjadi umat terbaik. Pertama, umat muslim harus beriman kepada Allah. Dan yang kedua umat muslim harus amar ma'ruf nahi munkar.


Untuk membangkitkan umat adalah dengan cara dakwah, dan dakwah itu harus dilakukan dengan cara berjamaah, tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri. Dalam hal ini peran Ulama tentu sangat penting yaitu mengajak umat untuk memahami dan kembali kepada Islam.[]