Aktivis Tanjungbalai Gelar Kajian Islam Selama Ramadhan

 


Dakwahsumut.com, Tanjungbalai(7/4),- Sejumlah Aktivis Kota Tanjungbalai  menggelar Kajian Islam selama Ramadhan 1443 H di Aula Masjid Raya Tanjungbalai. Kegiatan tersebut dilaksanakakan setiap hari pukul 13:30 WIB kecuali hari Ahad. Kajian Islam tersebut menghadirkan beberapa ustadz dari kota Tanjungbalai  sebagai pembicara dengan tema yang berbeda-beda.


 

Diantara para ustadz yang diundang sebagai pembicara adalah setiap Hari Senin  ustadz Usman Muhid (Kajian Ilmu  Tauhid), Hari Selasa ustadz Heri Candra(Kajian Tajwid & Sejarah Islam ), Hari Rabu Ustadz Afrizal Zulkarnain SA.g(Kajian Hukum Islam), Hari Kamis Ustadz Muhammad Ali Rukun ST,SPdI (Kajian Fiqih Siyasah), Hari Jum’at Ustadz Taufik Azhar SAg. (Kajian Tasawuf) dan  Hari Sabtu Ustadz Khairul Fahmi (Kajian Akhlak).

Pada Kamis 7 April 2022 tampak hadir ustadz Muhammad Ali Rukun memberikan Kajian dengan materi “ Islam, Ideologi dan Politik” yang dihadiri sejumlah aktivis dari berbagai latar belakang organisasi kepemudaan. Dalam kesempatan tersebut ustad Ali menjelaskan tentang apa itu makna Islam, Ideologi dan Politik kepada para peserta kajian. Beliau mengatakan “  Islam adalah agama yang sempurna selain  menjadi sebuah agama, Islam  juga adalah  sebagai sebuah Ideologi yang mampu mengatur segala aspek kehidupan dari A-Z atau  dari Akar sampai Daun . Jika cara masuk WC aja diatur  dalam Islam apalagi membangun negara“, ungkap beliau.

Ustadz Ali juga mengatakan akar persoalan umat saat ini mulai dari maraknya narkoba, judi, korupsi dan lain sebagainya  adalah karena  tidak diterapkannnya Syariah dimana itu terjadi karena tidak adanya lagi Institusi Politik Islam yakni Khilafah  yang sudah diruntuhkan Inggris di Turki Utsmani pada tahun 1924 M. Beliau mengajak agar para aktivis kota Tanjungbalai Bersatu  dalam melakukan amar ma’ruf nahi mungkar sebagai bukti ketaqwaan khusus yang ditugaskan kepada para aktivis khusunya di kota Tanjungbalai.

Para aktivis tersebut tampak antusias dalam mengikuti kajian Islam tersebut yand diringi dengan diskusi yang cukup hangat seputar matersi yang disampaikan oleh ustadz Ali. Mereka berharap agar kajian seputar politik dan peradaban Islam terus dilanjutkan hingga dapat mencapai titik terang sejarah peradaban sebagaiman yang diusulkan bung Budi.Kajian Islam tersebut dikoordinir langsung oleh Nazmi Hidayat SH, Nisfu Fitri Sirait dan  Herman Ramadhan . []ar