Sistem Kufur Jadikan Rumah Layaknya Neraka - dakwah sumut

Breaking

BANNER 728X90

Sabtu, 27 Maret 2021

Sistem Kufur Jadikan Rumah Layaknya Neraka

 


Oleh: Muzaidah (Aktivitas Muslimah)


Keluarga merupakan satu dari kesatuan yang memberikan suatu keharmonisan menyatu dalam kehidupan. Tanpa keluarga, individu yang di dalamnya tidak akan pernah mendapatkan kenyamanan dan kebahagiaan yang sesungguhnya. Sebab, hanya keluarga saja yang dapat merangkul, mengayomi dengan baik.


Namun, itu hanya sebuah definisi semata saja, karena fakta sebenarnya banyak manusia yang sudah berumah tangga atau punya keluarga. Ternyata banyak kasus buruk yang menimpanya, yaitu KDRT atau kriminalitas dan lain sebagainya.


Seperti kasus di Medan ini, pria yang berinisial SW (40) telah tega sekali menikam istrinya sendiri tanpa kasih aba-aba hingga nyaris tewas. Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edy Safari mengatakan, tersangka ditangkap di rumah temannya. "Tersangka berhasil ditangkap saat sedang bersembunyi di Rumah temannya di Jalan Amal, Kecamatan Medan Labuhan'', kata Kompol Edy Safari. Dari hasil interogasi, tersangka mengaku nekat menikam istrinya karena kesal lantaran sang istri meminta untuk bercerai (jpnn.com, 14/03/2021).


Lagi dan lagi, hidup dalam sistem sekularisme yang sangat jelas (memisahkan agama dari kehidupan) selalu mengacaukan tatanan  kehidupan, sebab ini meninggalkan tanggung jawab penuh seorang pemimpin terhadap rakyatnya. Dari penerapan sistem ini pulalah timbul masalah-masalah tak berkesudahan  yakni perceraian, KDRT yang selalu meningkat pesat setiap tahunnya.


Timbulnya kasus ini karena pemimpin tidak menjamin perekonomian yang memadai terhadap para laki-laki atau suami yang tanggung jawabnya sangat besar dalam keluarganya.


Komisi Nasional anti kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mencatat kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap perempuan meningkat selama pandemi COVID-19. Hal ini berdasarkan survei yang menjaring 2.285 responden sepanjang April-Mei 2020. Sebanyak 80 persen responden perempuan dalam kelompok berpenghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan, mengatakan bahwa kekerasan yang mereka alami cenderung meningkat selama masa pandemi. Secara umum, survei online itu mencatat kekerasan psikologis dan ekonomi mendominasi bentuk KDRT (liputan6.com, 11/1/2020).


Padahal, wanita itu harus dimuliakan dan laki-laki adalah pemimpin baginya. Sebagaimana dalam firman Allah Swt.


“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka).” (QS. An-nisa: 34).


Tidak menunjukkan hasil yang maksimal, jika pemimpin saat ini hanya mengatakan ''Semuanya bisa diselesaikan jika setiap Laki-laki mencari perkerjaannya.” Itu hanya kata semu yang tidak berdampak baik, nyatanya segala permasalahan terus saja meningkat tanpa ada solusinya.


Akibat dari sistem bobrok ini, pemimpin tidak memikirkan jeritan pedih dari rakyat, serta tidak memberikan hak penuh untuk kesejahteraan hidup manusia.


Islam memberikan nilai yang berharga untuk menjamin kehidupan manusia sepanjang zaman. Islam akan memberikan hak penuh terhadap seluruh manusia tanpa membedakan status, ras, warna kulit dan lain sebagainya.


Hanya Islam yang mampu memberikan pekerjaan layak terhadap para Laki-laki atau suami untuk memberikan nafkah serta kebutuhan penuh kepada keluarga beserta anak istrinya.


Seorang khalifah dalam sistem Khilafah juga sangat memuliakan serta menjaga derajat tinggi bagi setiap wanita dan juga tidak membedakan statusnya. Dalam Islam juga, bukan hanya semua bidang dalam kehidupan yang diperhatikan dan dipenuhi.  Tetapi hal sepele pun diatasi dengan baik, seperti adab-adab berkunjung ke rumah tetangga dan lain sebagainya.


Islam sangat detail menjaganya, agar tidak ada terjadi tindakan tidak sopan dan tidak ada kejahatan yang masuk tanpa izin atau rida dari pemilik rumah.


Begitulah Islam sangat memuliakan seluruh wanita, memberikan hak-hak manusia, dan juga memberikan solusi jangka panjang untuk para suami. Agar tidak ada lagi kriminalitas atau KDRT selama kehidupan ini berlangsung.


Hanya Khilafah saja yang mampu bekerja dengan baik. Bukan sistem kufur yang hanya memanfaatkan keadaan semata demi meraih keuntungan dan merugikan pihak yang lain.


Wallahualam bissawab.