Muharam Momentum Hijrah dari Demokrasi Menuju Khilafah - dakwah sumut

Breaking

BANNER 728X90

Kamis, 20 Agustus 2020

Muharam Momentum Hijrah dari Demokrasi Menuju Khilafah



DakwahSumut.com, Tanjungbalai(20/8),-Lembaga Dakwah Remaja (LDR) Kota Tanjungbalai kembali melaksanakan Kajian Islam dengan tema "Muharam komentum Perubahan: Yuuk Hijrah, Saatnya Berubah!" . Kegiatan tersebut digelar di Konco Rooftop Jl.Anwar Idris Tanjungbalai dengan menghadirkan Pembicara Ustadz Muhammada Ali Rukun ST, SpdI. 

Ustadz Ali dalam Kajiannya menjelaskan tentang makna Hijrah dan  asal muasal penetapan tahun baru Islam kepada para peserta kajian yang kebanyakan dari kalangan anak muda. 

"Kenapa Muharam ditetapkan sebagai Tahun baru Hijrah? Karena pada saat itu Rasulullah saw. ditetapkan sebagai Kepala Negara artinya dilakukan  dengan Baiat Aqabah ke 2  , Baiat Aqabah ke 2 itu adalah penyerahan kekuasaan dari Madinah kepada Rasulullah saw. , artinya muharam itu adalah hari deklarasi Daulah Islam yang pertama di Madinah. Jadi hari proklamasi kemerdekaan bagi umat Islam adalah bulan Muharam" ungkap beliau.

Menurut ustad Ali Makna hijrah secara syariat adalah perpindahan dari darul kufur menuju daru Islam.Jadi  hijrah itu adalah perubahan sistem dari sistem kufur menuju sistem Islam , dari sitem demokrasi menuju Khilafah.Beliau juga mengatakan bahwa jejak khilafah di Nusantara ini nyata bedasarkan bukti-bukti sejarah.

Selain itu ustadz Ali juga menjekaskan tahapan dakwah Rasullah hingga hijrah mulai dari makkah hingga ke Madinah. "Salah satu tahapan dakwah Rasulullah adalah dengan melakukan tasqif, kajian intensif atau istilah kerennya halaqah, jadi ketika mau hijrah maka tahapan yang harus dilakukan adalah halaqah", kata beliau. 

Kegiatan tersebut berjalan dengan sukses, para peserta kajian mengikuti acara tersebut hingga selesa yang diiringi dengan diskus atau tanya jawab. Tampak juga Ketua LDR Tanjungbalai Chairul Marpaung ST memberikan kata sambutan. Acara tersebut ditutup dengan doa oleh Firman dani dan buka puasa bersama yang disediakan gratis oleh Konco Rooftop ().ar