Moderasi Agama, Bentuk Desakralisasi Agama

 


Marwan Abu Zahid

Dakwahsumut.com,- Negara Sekuler-Liberal akan berusaha secara masif mereduksi nilai spiritual, ritual dan moral setiap agama yang ada. Baik lewat pembiaran propaganda kaum sekuler yang mengusung moderasi beragama,


atau bahkan dengan menggunakan tangan resmi negara, semisal lewat pengesahan UU tertentu yang akan dapat secara legal mengatur rumah ibadah bahkan lebih jauh termasuk praktek peribadahan.


Dalam konteks Islam moderasi beragama bukan sekedar mereduksi nilai-nilai ruhiyah diatas, namun juga membunuh aspek Siyasah dan Mabdai dari Islam, hingga yang tertinggal dari Islam hanyalah nama tidak lebih.


Tindakan pengkaburan, pengrusakan hingga pembunuhan Islam lewat moderasi beragama ini harus serius dilawan. Umat tidak boleh diam dengan adanya upaya masif dari kaum sekuler yang berusaha merusak Islam.


Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

«مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَراً فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَستَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَستَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإِيْمَانِ» رَوَاهُ مُسْلِمٌ.


"Barangsiapa dari kalian melihat kemungkaran, ubahlah dengan tangannya. Jika tidak bisa, ubahlah dengan lisannya. Jika tidak bisa, ingkarilah dengan hatinya, dan itu merupakan selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim)


Islam dengan Aqidah dan Syariah nya itu telah sempurna, Allah SWT berfirman: 


ٱلۡيَوۡمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ مِن دِينِكُمۡ فَلَا تَخۡشَوۡهُمۡ وَٱخۡشَوۡنِۚ ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَٰمَ دِينٗاۚ


"...Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam

Islam sebagai agamamu..." ( al-Maidah: 3)


Sehingga dengan tegas Islam menolak moderasi beragama, yang berkendak merevisi dengan menambah ataupun mengurangi apa yang telah sempurna pada Islam.