AZAB BAGI SESEORANG MENINGGALKAN SALAT - dakwah sumut

Breaking

BANNER 728X90

Kamis, 05 September 2019

AZAB BAGI SESEORANG MENINGGALKAN SALAT


OLEH : Fahmi Amin Harahap

“Dirikanlah Sholat dan bayarlah Zakat”
(QS. Albaqarah; ayat 83)
Salat adalah sebuah kewajiban yang mana Allah telah memerintahkan kepada hambanya, dan apabila hambanya tidak melaksanakan perintahnya maka Allah akan marah dan bahkan akan memberi siksa yang pedih. Betapa banyak orang yang tidak percaya bahwa Allah akan memberi siksa yang pedih kepada hambanya yang tidak melaksanakan perintahnya yaitu mengerjakan salat.
Adapun gambaran yang akan membuka pikiran kita bahwa yakin atau tidak yakin siksa Allah pasti datang menghampirinya yang tidak melaksanakan salat. Ada suatu kisah yang mana kisah ini terdapat pada zaman baginda Rasulullah, pada zaman itu ada seorang pemuda yang menangis terisak-isak, lalu Rasul memanggilnya, wahai pemuda kenapa engkau menangis? Lalu pemuda itu menjawab, ya Rosulullah ayah saya telah meninggal dunia, tidak satu orangpun yang mau melihatnya, memandikannya, konon mensholatkan dan mengkuburkannya. Setelah mendengar penjelasan itu Rasulullah mendatangi kerumah pemuda tersebut yang ditemani oleh Umar dan Abu bakar, setelah sampai dirumah pemuda tersebut Rosulullah kaget, kaget melihat wajah ayah pemuda tersebut berubah menjadi babi hutan, setelah itu Rosul berdoa kepada Allah agar wajah ayah pemuda tersebut kembali seperti sediakala. Setelah kembali wajahnya seperti manusia biasa, lalu Rosul menghimbau kepada Abu bakar dan Umar untuk memandikannya, mengkafankannya, menshalatkannya dan mengkuburkannya, setelah sampai di perkuburan wajah ayah pemuda tadi berubah menjadi babi hutan kembali, Rosul kaget kembali, dan setelah itu Rosul bertanya ada apa penyebab bisa-bisanya wajah ayah pemuda itu berubah seperti babi hutan. Lalu pemuda itu mengatakan, ya Rosul ayah saya rajin bersedekah, rajin membantu sesamanya, rajin membantu kedua orang tuanya, tapi sayang dia selalu melalaikan shalat berjamaah, dia selalu meninggalkan sholat wajib, mungkin inilah siksa yang diberikan Allah kepadanya ya Rosulullah SAW.
Kesimpulan yang bisa kita petik dari sepotong kisah diatas adalah bahwa siksa Allah benar-benar nyata adanya, berpangkatpun titelmu, rumahmu besar, mobilmu banyak, itu tidak menjamin engkau selamat, tidak menjamin engkau tidak akan disiksa, kalau masih saja diri kita lalai kepada perintah Allah, kelak kita akan dibangkitkan oleh Allah diakhirat wajah kita seperti babi hutan. Sadarlah kita bahwa siksa Allah sangat pedih, mulailah kita perbaiki sholat kita, jangan tinggalkan sholat kita, betapa banyak dikuburan itu menyesal memintak kembali kedunia ini hanya untuk beramal shaleh, tapi kita masih diberi kesempatan menghirup udara segar, dan diberi kehidupan agar kita bertobat tapi tidak kunjung bertobat maka itulah orang celaka kelak kata Allah. Semoga kita senantiasa menjaga sholat kita. Aamiin ya robbal ‘alamin() fh