PENDIDIKAN AGAMA MEMBENTUK GENERASI BERAKHLAK - dakwah sumut

Breaking

BANNER 728X90

Senin, 08 Juli 2019

PENDIDIKAN AGAMA MEMBENTUK GENERASI BERAKHLAK


Fahmi Amin Harahap
Masa Anak-Anak adalah masa yang sangat rentan, dimana masa ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Ketika anak masih di usia dini, orang tua harus mendidik dan mengajarkan nilai–nilai pendidikan kepada anak untuk membantu menunjang kehidupan anak di masa yang akan datang.
Lalu, apa yang harus diajarkan orang tua kepada anak usia seumur jagung?
Begitu banyak hal yang harus diajarkan oleh orang tua kepada anak – anaknya. Seperti mengajarkan pendidikan agama dan moral. Pendidikan agama dan moral sangat membantu anak dalam memasuki tahapan selanjutnya. Karena pendidikan agama dan moral adalah salah satu pendidikan yang penting yang harus diajarkan dan dibiasakan kepada anak sejak usia dini. 
Yang pertama yaitu pendidikan agama. Pendidikan agama merupakan pendidikan dasar untuk anak. Karena jika anak di tanamkan pendidikan agama sejak usia dini, maka pendidikan umum yang lainnya juga akan mengikuti pendidikan agama. Dikarenakan pendidikan umum sudah tercakup di dalam pendidikan agama.
Pendidikan agama adalah pendidikan yang di dalamnya terdapat pengetahuan yang dapat membentuk kepribadian dan sikap seorang anak. Tujuan diajarkannya pendidikan agama kepada anak sejak kecil yaitu agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang memiliki karakter yang baik sejak usia dini.
Di samping pendidikan agama, terdapat pula pendidikan moral. Kata moral mempunyai arti “kebiasaan”. Jadi, moral adalah membiasakan memberikan pengajaran tentang baik dan buruk sesuatu seperti perilaku, sikap, budi pekerti, perbuatan dan lain sebagainya, sehingga anak dapat menilai dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
Sejatinya, pendidikan agama dan moral sangat berkaitan di dalam kehidupan, terlebih dalam kehidupan anak usia kecil. Jika agama anak baik, maka moral si anak juga akan baik. Jadi, pendidikan agama dan moral untuk anak usia dini harus diberikan secara seimbang agar anak bisa memiliki kepribadian yang baik.
Penanaman pendidikan agama dan moral kepada anak sejak usia dini adalah hal yang sangat penting karena jika anak hanya memiliki kepintaran saja tanpa akhlak, moral dan etika yang baik, maka kepintaran itu tidak akan bermanfaat kepada kehidupan si anak.
Simpulan
Agama butuh Negara agar agama itu berkembang. Negara itu butuh Agama, agar masyarakat di Negara tersebut mempunyai perilaku baik, tidak suka berbuat korupsi, mencuri dan lain sebagainya, maka dengan itu pentingnya pendidikan agama sejak dini, agar karakter anak tidak menjadi penjahat, seperti mencuri, main judi, membunuh, dan lain-lain.
Maka dengan itu, orang sekulerlah yang mengatakan pendidikan agama itu tidak pala penting, karena bagi mereka agama itu adalah sebuah ritual pribadi seseorang, dan itu tidak boleh dibawa kesana dan kesini, sehingga menghambat percepatan pembangunan. Maka dengan itu, kita selaku orang tua yang tidak ingin anaknya terjerumus kepada perilaku jahat yang bisa menghancurkan Agama dan Bangsa, mari kita bentengi anak-anak kita dengan mengajarkan pendidikan Agama kepada mereka dari usia dini.
“Seseorang yang berakhlak PASTI berilmu, tapi yang berilmu belum tentu berakhlak”