Teriakan Khilafah Menggema di Parade Tauhid Sumut



Dakwahsumut.com, Medan (11/9). Dalam rangka menyambut Tahun baru Islam 1440 H  ribuan umat Islam mengikuti parade Tauhid di Medan.  Parade Tauhid Jilid II Sumatera Utara tersebut  dilaksanakan dengan cara longmarch dari Masjid Raya Al-Mashun mengelilingi Kota Medan, bergerak ke  jalan Brigjen Katamso dan memutar kembali ke jalan Sisimangaraja tempat titik awal bertemu.

Sepanjang parade tauhid diisi dengan orasi dari berbagai tokoh nasional dan lokal. selain itu massa juga mengiringi kegiatan tersebut dengan teriakan Khilafah terutama dalam menyambut Jubir HTI Ustadz Ismail Yusanto ketika akan berorasi.selain ustadz Ismail Yusanto turut juga hadir Ichsanuddin Noursy (Pengamat Ekonomi) dan Mustafa Nahrawardaya.

Ustadz Islmail Yusanto dalalm orasinya mengajak umat islam agar hijrah dari kondisi yang buruk menuju yang lebih baik lagi. dan beliau juga mengingatkan bahwa liwa' rayah  adalah bendera umat islam bukan bendera teroris atau kelompok tertentu. selain itu ust ismail juga mengingatkan umat islam agar berjuang lillahi ta'ala.
Hal yang sama juga dikatakan Mustofa Nahrawardaya dalam orasinya. beliau menjelaskan bahwa bendera Tauhid yang dibawa dalam parede tersebut adalah bendera Islam bukan bendera Teroris atau bendera HTI.

sementara Ichsanuddin Noursy mengingatkan akan bahayanya sistem ekonomi yang diterapkan saat ini. Beliau mengatakan rusaknya ekonomi saat ini adalah karena riba. beliau menjelaskan tentang bahayanya riba dalam sistem ekonomi saat ini.
Dalam aksi ini massa di giring oleh lima pengawal berkuda yang membawa bendera Islam. Aksi ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Kota Medan akan perjuangan sejarah Islam dan juga mengajak masyarkat untuk memperat silaturahim sesama umat Islam dan menjaga keberagaman dengan agama lainnya.


“Kita sebagai umat Islam harus tau bagaimana perjuangan Islam bisa masuk ke Sumatera khususnya Kota Medan. Kita juga berharap dengan aksi ini kita dapat menjalin silaturahmi antar umat beragama,” ujar Aidan Nazwir Pangabean, Koordinator Parade Tauhid.

Acara yang dihadiri dari berbagai daerah  kab/kota ini berjalan tertib, lancar dan meriah dengan hiburan berbagai lantunan lagu-lagu perjuangan Islam oleh  group nasyid Maidany. [] ar