Ulama Memiliki Peran Terbesar atas kemerdekaan indonesia




Dakwahsumut.com,Medan,- Ulama kota Medan, Ustaz Muda Abdul Ghani, S.Ag mengungkapkan bahwasannya peran terbesar atas kemerdekaan indonesia adalah ulama. 

"Peran terbesar kemerdekaan indonesia pada saat itu adalah para ulama," ungkapnya kepada dakwahsumut.com pada acara dialog tokoh; kemerdekaan hakiki: dibalik motivasi umat islam dalam berjuang untuk mencapai kemerdekaan, ahad(27/08/2023).


Ustaz Musa menambahkan, salah satu ulama yang memiliki peran dalam kemerdekaan indonesia adalah Syeikh H. Muhammad Arsyad Thalib Lubis dari Medan. "Salah satu ulama Medan itu adalah Syeikh M. Arsyad T Lubis pendiri Al Washliyah di Medan," tambah ulama karismatik ini.


Menurutnya, berdasarkan pernyataan  ahli sejarah yang menulis Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN) dinyatakan bahwa tokoh Gajah Mada merupakan seorang muslim.


Selain itu, ulama itu tidak terlepas dari jihad yang dipahami makna sesungguhnya adalah berperang. "Makna jihad menurut prof. Dr Haikal adalah jihad ovensif dan jihad divensif," sambungnya.


Khilafah


Ternyata, Ustaz Musa juga mengungkapkan bahwasannya ada hubungan kemerdekaan Indonesia dengan khilafah Islamiyah. "Adanya tokoh wanita muslimah Aceh, panglima Malahayati dan juga adanya makam para tentara turki ustmani yang ada di Aceh," tegasnya.


Selain itu, menurut Ustaz Musa adanya bukti bendera Al Liwa yang ada di kerajaan Yogyakarta diberikan oleh khalifah Ustmani yang masih ada sampai saat ini.[]Amar Dani