Malapetaka Runtuhnya Khilafah Islam

 


Oleh : Tommy Abdillah

( Lembaga Studi Multi Dimensi/eLSIM) 

Hari ini tgl 1 Maret 2023 bila ditarik mundur kebelakang tepatnya 99 tahun yang lalu terjadi sejarah yang sangat memilukan bagi ummat Islam yaitu runtuhnya Khilafah Islam Utsmani di Turki pada tgl 3 Maret 1924 bertepatan dengan tgl 27 Rajab tahun 1342 H. 

Tidak sedikit diantara kaum muslimin yang tidak mengenal dengan baik sejarah panjang peradaban Islam.

Padahal ada ungkapan yang mengatakan bahwa ummat yang baik adalah ummat yang mengenal sejarah dan peradabannya. Allah SWT mendorong orang-orang yang beriman untuk mengambil hikmah dari masa lalu dengan membaca sejarah baik dan buruknya. Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari kejadian di masa lalu (sejarah) untuk masa kini dan nanti. Hikmah yang baik untuk diteladani, hikmah yang buruk untuk dijauhi dan tidak diulang.

Dalam Al-quran Allah SWT berfirman, 

{قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِينَ} [النمل : 69]


Artinya : "Katakanlah (wahai Muhammad) kepada orang-orang kafir, berjalanlah kalian semua di muka bumi, kemudian lihatlah, bagaimana akibat buruk yang menimpa umat-umat pendosa di masa lalu." (QS.An-Naml: 69).


Hal ini bukan untuk mengenang kesedihan tapi berupaya mengambil makna agar memahami apa penyebab dan obat bagi kehancuran Khilafah Islam yang pernah menaungi seluruh umat Islam sedunia.


Sebenarnya rasulullah SAW telah memberikan sinyalemen akan hilangngnya institusi politik Islam sejak 14 abad yang lalu. 


لَيُنْقَضَنَّ عُرَى الْإِسْلَامِ عُرْوَةً عُرْوَةً فَكُلَّمَا انْتَقَضَتْ عُرْوَةٌ تَشَبَّثَ النَّاسُ بِالَّتِي تَلِيهَا وَأَوَّلُهُنَّ نَقْضًا الْحُكْمُ وَآخِرُهُنَّ الصَّلَاةُ


Artinya : Dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu 'anhu dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh ikatan Islam akan terurai simpul demi simpul. Setiap satu simpul terurai maka manusia akan bergantungan pada simpul berikutnya. Yang pertama kali terurai adalah simpul hukum (Pemerintahan) & yang paling akhir adalah simpul shalat." (HR. Ahmad).


Masa Kejayaan Peradaban Islam


Para sejarawan Islam membagi sejarah Khilafah Islam menjadi empat masa yaitu :

1. Khulafaur Rasyidin (632-661 M)

2. Khilafah Bani Umayyah (661-750 M)

3. Khilafah Bani Abbasiyah (750-1517 M) 

4. Khilafah Utsmaniyah (1517-1924 M).


Kekhilafahan Islam berlangsung kurang-lebih 13 abad sebuah usia yang sangat panjang untuk ukuran sebuah negara ideologis yang sangat besar, yang wilayah kekuasaannya pernah meliputi hampir 2/3 bagian dunia. 

Mencakup seluruh Timur Tengah, sebagian Afrika dan Asia Tengah. Di sebelah timur sampai ke negeri Cina. Di sebelah barat sampai ke Andalusia (Spanyol), selatan Prancis, serta Eropa Timur (meliputi Hungaria, Beograd, Albania, Yunani, Rumania, Serbia, Bulgaria, serta seluruh kepulauan di Laut Tengah).

Kehancuran Khilafah Utsmani melalui upaya keji dan sistematis yang dilakukan oleh Mustafa kamal la'natullah ‘alaih beserta konspirasi kafir penjajah melalui skenario politik yang panjang. Keruntuhan Khilafah Islamiyah disebabkan oleh dua faktor penting : 


*Faktor Runtuhnya Khilafah Islam*


1. Faktor internal

a. Lemahnya aqidah umat Islam dan tersebarnya kesyirikan.

b. Munculnya gerakan nasionalisme yang merongrong Khilafah Utsmani.

c. Para pemimpin yang telah teracuni wabah hedonisme ala Barat yang jauh dari agama.

d. Warga negara yang sudah tidak taat beragama yang demikian mengendurkan gelora jihad.

e. Sekularisasi hukum, pendirian lembaga-lembaga yang bekerja dengan menggunakan hukum positif dan menjauhi syari'ah Islam dalam segala bidang, baik bisnis, politik dan ekonomi.

f. Peran ulama yang sudah terpinggirkan di masjid-masjid semata, jauh dari hiruk-pikuk kehidupan.

2. Faktor eksternal.

a. Adanya perang pemikiran dan peradaban (Al-ghazwu Al-fikr Wa Al-ghazwu Ats-tsaqafi) yang digelar oleh orang-oleh kafir. 

b. Adanya upaya-upaya sistematis dari negara imperialis, khususnya Inggris, untuk melenyapkan Khilafah Islamiyah.

c. Soliditas musuh-musuh pemerintahan Utsmani yang terus menerus melakukan penetrasi nilai-nilai Barat dalam semua tingkatan budaya, ekonomi dan politik.(1)

Dunia Islam Tanpa Khilafah

Ketiadaan kepemimpinan Khilafah Islam berimplikasi buruk terhadap ummat Islam karena ketiadaan pelindung ummat Islam

1. Penjajahan tanpa ada yang bisa membela seperti Palestina, Uighur Xinjiang, Rohingya, kasus terakhir di India. 

2. Hilangnya pemersatu ummat akibatnya ummat Islam terpecah belah dengan sekat-sekat kelompok harakah, mazhab dan nasionalisme kebangsaan.

3. Tiadanya pelaksana penerapan hukum syari’at Islam secara paripurna (kaffah).

4. Menyebarnya kemungkaran dan kemaksiatan. 

Syekh Muhammad Dhia’uddin ar-Rais, seorang Guru Besar Jurusan Sejarah Islam Universitas Kairo, di dalam bukunya yang berjudul al-Islam wa al-Khilafah fi al-Ashr al-Hadits menjelaskan, sesungguhnya Khilafah ini bukan milik Turki saja melainkan milik dunia Islam seluruhnya. Ia adalah sebagian dari warisan umat Islam, peninggalan sejarah dan lambang persatuan mereka. Khilafah merupakan pimpinan spritual bangsa-bangsa Islam disegenap penjuru bumi. Khilafah ini tealh berlangsung lebih dari 1300 tahun.

Sahabat Rasulullah Menunda Memakamkan Jenazah Rasulullah SAW

Kilas balik sejarah wafatnya Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW wafat pada hari Senin tgl 12 Rabiul Awal tahun 11 H.(2)

Nabi SAW wafat pada waktu Dhuha hari senin itu lalu sebagian sahabat menyibukkan diri untuk memilih pengganti Nabi SAW sebagai kepala negara dengan bermusyawarah di tsaqifah bani saidah. Pemakaman jenazah Nabi SAW pun ditunda oleh para sahabat hingga hari selasa malam, semua sahabat menyetujui hal itu dan tidak ada seorang pun yang mengingkarinya pada hal menyegerakan memakamkan jenazah adalah perkara yang penting. Hal ini menunjukkan bahwa mendahulukan mencari pengganti Rasulullah SAW sebagai pemimpin kaum muslimin lebih utama dibandingkan dengan memakamkan jenazahnya.

Berdasarkan peristiwa ijma' sahabat Rasulullah SAW diatas,Tak heran para ulama membatasi waktu paling lama untuk mencari pengganti pemimpin kaum muslimin atau Khalifah adalah selama 2 hari 3 malam. Tapi kini sudah 96 tahun umat Islam tidak memiliki seorang Khalifah Islam.

Penutup

Saatnya ummat Islam merapatkan barisan untuk bersatu padu menyatukan visi dan misi perjuangan dakwah untuk kembali melanjutkan kehidupan Islam dengan mewujudkan Khilafah ‘ala minhajinnubuwwah.

Semoga Allah SWT memberikan pertolongan kepada kaum muslimin untuk kembali menguasai peradaban dunia sebelum terjadinya hari kiamat dengan tegaknya kembali Khilafah Islam sesuai dengan manhaj kenabiaan. Aamiin yaa Allah yaa rabbal 'alamin.

Wallahu a’lam

Catatan Kaki :

1. Disadur dari buku Bangkit & Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah, karya Prof.Dr. Ali Muhammad As-shalabi.

2. Imam Ibnu Katsir, Kitab As-Sirah An-Nabawiyah, IV/507