What's Wrong With Khilafah?


Dakwahsumut,Binjai(13/10)-, Lembaga Kajian Islam Kaffah mengadakan acara Diskusi Islam & Peradaban dengan tema "What's Wrong With Khilafah". Bertempat di Masjid Amal Kota Binjai tepatnya di Jl. Agus Salim Kelurahan Tanah Tinggi, acara ini di hadiri lebih kurang 80 orang yang di antaranya terdiri dari Ulama dan masyarakat umum. Pembicara yang dihadirkan adalah Ust. Musa Abdul Ghani dari Kota Medan dan Ust. Nofri Yeldi dari Kota Binjai.
.
Dibuka oleh MC, acara di awali kata sambutan dari Ketua Panitia yaitu Ust. Rusfriyandi, kemudian dilanjutkan oleh Pengurus BKM Masjid Amal yaitu Bpk. Hj.Amiruddin Caniago, dan yang terakhir ada dari ke Naziran Masjid Amal yaitu Bpk. Nur Abdillah.
.
Ust. Musa Abdul Ghani mengawali acara diskusi dengan pemaparan mengenai definisi Khilafah, Wajibkah Khilafah itu sendiri, dan Pendapat-pendapat Ulama mengenai Khilafah.
.
"Tidak ada yang salah dengan Khilafah, yang salah itu adalah orang yang tidak mau memahami apa itu Khilafah", begitulah pemaparan dari Ust. Musa. Kenapa bisa seperti itu? Karena tidak pernah di kaji secara formal mengenai Khilafah. Lebih banyak mendapat pengajaran dari non-formal. Bahkan lembaga-lembaga pengajaran bab-bab pelajaran yang ada pembahasan Khilafah tidak pernah dibahas secara mendalam, malah lebih mendapatkan kesan negatif mengenai Khilafah. Jadi wajar pada saat ini kebanyakan orang yang tidak paham menyerang persoalan Khilafah.
.
Pemahaman Umat hari ini mengenai Khilafah hanya sebatas dari Abu Bakar hingga Ali bin Abi Thalib saja. Padahal ada Husein walaupun hanya selama 6 bulan saja. Kemudian ada Muawiyyah, Abbassiyah, hingga ke Turki Utsmani yang disebut Utsmaniyyah.
.
Rasulullah SAW bersabda "Akan datang kembali masa Khilafah 'Ala Minhaj Nibuwah". Hari ini, tidak bisa diselesaikan persoalan kecuali ada Islam yang Kaffah. Untuk mewujudkan hal itu kita memerlukan Khalifah dalam naungan Daulah Khilafah. Khilafah adalah kepemimpinan umum bagi kaum Muslimin untuk menerapkan dan menegakkan hukum Allah SWT secara sempurna dan untuk mengemban dakwah ke seluruh alam. Jadi khilafah ada 3 konsep yaitu persatuan umat, syariat Islam, dan dakwah. Mengangkat Khilafah juga tidak ada perbedaan dari ke empat Imam Mazhab.
.
Kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua yaitu Ust. Nofri Yeldi membahas mengenai seberapa penting menegakkan dan memperjuangkan Khilafah. 
.
Dasar akidah umat Islam ada pada rukun iman dan kalimat Tauhid itu sendiri. Berbeda dengan ideologi sekulerisme atau pun sosialisme yang hanya mementingkan materi dan memisahkan agama dengan kehidupan. Ideologi Islam sudah sangat sesuai dengan kehidupan manusai. Kenapa? Karena manusia itu lemah dan terbatas. Makanya membutuhkan panduan hidup yang sumbernya dari yang Maha Sempurna yaitu Allah SWT. Berbeda dengan Kapitalis yang meyakini di satu sis meyakini Tuhan dan di sisi lain meyakini bisa mengatur kehidupannya sendiri tanpa campur tangan penciptanya.
.
Pada hari ini dakwah Islam semakin banyak. Mengajak kepada Al-Quran dan Sunnah. Kenapa harus di dakwahkan? Agar masyarakat paham betapa pentingnya kembali kepada Al-Quran dan Sunnah, kembali kepada syariat Islam sesuai dengan aturan-aturannya. Lalu apa hubungannya dengan Khilafah? Khilafah adalah caranya dan khilafah adalah sistemnya agar penerapan-penerapan syariat Islam bisa terwujud.
.
Apa yang dikhawatirkan masyarakat pada saati ini mengenai Khilafah adalah sebuah kesalahan dan akibat dari ketidaktahuan yang mengakibatkan oknum-oknum yang membenci khilafah mempengaruhi orang-orang yang awam mengenai Khilafah. Padahal bila Islam tegak, seluruh umat dapat merasakan betapa indahnya hidup dalam naungan Islam. Maka dari itu penting sekali dan wajib memperjuangkan tegaknya Khilafah.[]tm