Seribuan Umat Islam Kota Medan Konvoi Sambut Tahun Baru Islam - dakwah sumut

Breaking

BANNER 728X90

Sabtu, 31 Agustus 2019

Seribuan Umat Islam Kota Medan Konvoi Sambut Tahun Baru Islam



Dakwahsumut.com, Medan – Suasana pagi di kawasan pinggiran dan pusat Kota Medan pada Ahad (1/9/19) terlihat berbeda dari biasanya. Sedikitnya seribuan orang berkendara roda dua, roda tiga dan empat serta odong-odong berkeliling menyusuri jalan sekitar sembari mengibar-ngibarkan bendera tauhid. Sebagian lainnya berorasi dari atas kendaraan pick up.

Aksi konvoi dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah itu menjadi tontonan warga. Tidak sedikit diantara warga, baik pengendara yang sekadar melintas di jalan itu maupun warga sekitar berupaya mengabadikan kegiatan tersebut.

Meski sempat terjadi penumpukan kendaraan yang memicu kemacetan, namun berkat kesigapan panitia dari Majelis Kajian Islam Kaffah (MKIK) dan Forum Umat Islam (FUI) dibantu personel kepolisian dari Polsek Percut Sei Tuan dan unit Lantas Polrestabes Medan, kemacetan data terurai dengan cepat.

Massa yang berkonvoi itu terdiri dari berbagai lintas ormas. Antara lain, dari Majelis Kajian Islam Kaffah, Forum Umat Islam (FUI) Kota Medan dan Deliserdang, aktivis Front Pembela Islam (FPI),   Masyarakat Tanpa Riba (MTR), KAUMI dan sejumlah ormas Islam lainnya.

Selama pelaksanaan konvoi itu, barisan kendaraan terlihat rapi berbaris dua. Meski panjang, iring-iringan kendaraan mencapai seratusan meter, namun lalulintas di ruas-ruas jalan yang dilalui peserta konvoi cenderung lancar.

Enam ratusan peserta yang berasal dari kawasan Kecamatan Batangkuis, Kecamatan Percut Sei Tuan dan Kecamatan Medan Tembung mengambil rute konvoi dengan titik kumpul Masjid Al Ijtimaiyah Jalan Letda Sujono Medan menuju Jalan Besar Tembung, lalu menyusuri Jalan HM. Yacub Desa Bandar Setia lalu menuju Jalan Perhubungan Desa Laut Dendang.
Peserta itu sembari meneriakkan takbir terus menuju Jalan Williem Iskandar/Pancing Medan lalu menuju Jalan Prof. HM. Yamin, SH lalu menuju titik kumpul Masjid Al Amin, Jalan Prof. HM. Yamin. Medan.
Sementara lima ratusan massa umat Islam dari Kawasan Kecamatan Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Timur mengambil rute dengan titik kumpul Masjid Nurul Huda Tanah 600 Marelan menuju Jalan Veteran.
Lalu peserta menyusuri Jalan Pulobrayan Kecamatan Medan Barat menuju Jalan Krakatau dan  Jalan Sutomo. Selanjutnya melintas di Jalan Perintis Kemerdekaan lalu menuju Jalam Prof. HM Yamin SH dan berakhir di Masjid Al Amin yang berada di Kawasan itu.
Sementara itu, ratusan peserta dari penjuru Kota Medan lainnya tidak melakukan konvoi, namun langsung menuju titik kumpul di Masjid yang dibangun oleh keluarga besar Almarhum Jendral Faisal Tanjung.
Seribuan peserta itu akhirnya tumpah ruah hingga ke halaman masjid untuk mendengarkan ceramah dari Al Ustadz Rokhmat S Labib dengan tema  Hijrah Menuju Syariah Kaffah. Ustad yang dikenal sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dalam acara tabligh akbar itu memaparkan tentang asal muasal penentuan tahu baru Islam.
Ustadz itu juga memaparkan tentang posisi Rasulullah Saw yang paska hijrah ke Madinah, tidak hanya berperan sebagai pemimpin agama tetapi juga menjadi seorang kepala negara yang mengurusi persoalan umat. ()mi