Viral Ujian Madrasah Bahas Khilafah, Kemenag: Tak Ada yang Salah


Jakarta - Soal ujian akhir semester salah satu madrasah aliyah (MA) yang membahas khilafah ramai dibahas di media sosial. Setidaknya ada dua soal yang membahas khilafah dalam ujian tersebut. 

Kementerian Agama telah mengetahui soal ujian yang menjadi viral tersebut. Kemenag menilai tak ada yang salah dengan soal tersebut karena masih dikaitkan dengan makna pemerintahan dalam Islam. 

"Berkenaan dengan soal ujian yang beredar/viral tersebut, sebenarnya Kemenag memberikan kewenangan kepada guru dan Kemenag provinsi untuk menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan ketentuan kurikulum yang dipergunakan," kata Kepala Biro Humas Kemenag, Mastuki, saat dihubungi detikcom, Selasa (5/12/2017). 

"Jika pun ada pertanyaan tentang khilafah dan khalifah itu dikaitkan dengan makna 'pemerintahan dalam Islam' seperti penjelasan poin satu. Jadi tidak ada yang salah dalam pertanyaan tersebut. Seperti pertanyaan soal yang lain yang menuntut pemahaman atas bahan ajar pada masing-masing pokok bahasan," jelasnya. 

Menurut Mastuki, bahasan tentang khilafah memang masuk bahasan tentang 'Sistem Pemerintahan dalam Islam' di kelas XII MA. Buku yang mengajarkan hal tersebut diterbitkan langsung oleh Kemenag. 
Viral Ujian Madrasah Bahas Khilafah, Kemenag: Tak Ada yang Salah

Foto: Dok. Twitter kemalarsjad
Soal UAS yang beredar di media sosial tersebut tertanggal 5 Desember 2017. MA yang dimaksud berada di wilayah Kalimantan Selatan. Berikut ini soal nomor 1 dan 2 dalam UAS tersebut yang membahas khilafah:

1. Dalam kerangka khilafah, ada disebutkan dengan sebutan 'Siyasah Syar'iyah'. Apa yang diartikan dengan Siyasah Syar'iyah adalah...
A. Politik Islam
B. Pejuang Islam
C. Syari'at Islam
D. Hukum Islam
E. Perundang-undangan

2. Kata khalifah berasal dari bahasa Arab 'Khalafa - Yakhlifu Khilaafatan' yang artinya…
A. Pemimpin 
B. Pengganti
C. Pejuang
D. Pahlawan
E. Pemberontak 
[]detik